Selasa, 28 April 2015

Gunung Bromo menjadi destinasi wajib yang harus dikunjungi jika berlibur di Jawa Timur. Selain kemegahan dan keindahan gunung ini, pesona menikmati sunrise adalah satu hal yang tak boleh dilewatkan bahkan menjadi magnet wisatawan untuk berkunjung ke tempat tersebut. Menariknya, Bromo Sunrise bisa kita nikmati dari beberapa spot. Salah satunya yaitu dari Bukit Kingkong.

http://bromowisatatour.blogspot.com/


Bukit Kingkong berada di ketinggian 2.600 mdpl, sekitar 800 meter lebih rendah dari Penanjakan. Dengan pemandangan yang tidak kalah menarik daripada Penanjakan 1 Bromo, bukit berkapasitas 2.000 orang ini banyak dikunjungi wisatawan terutama ketika Penanjakan 1 sudah penuh sesak oleh pengunjung. Sarana dan prasarana di Bukit Kingkong sudah dibangun seperti jalan yang telah dipaving dan dipagari. Jadi pengunjung bisa ke view point itu tanpa harus berjubel di Penanjakan.

Kenapa Spot ini dinamakan Bukit Kingkong sebab salah satu tebing yang menonjol di bukit tersebut jika diamati secara cermat akan menyerupai kepala dan wajah Kingkong. Selain itu, batuan dan beberapa ceruknya juga seolah menyerupai mata dan hidung Kingkong. Tebing yang terpahat alami itu berada tepat di belakang pagar pembatas pengunjung untuk berdiri.

Bukit Kingkong menyuguhkan panorama pegunungan yang sungguh mempesona. Berada di bukit ini saat pagi yang cerah tanpa kabut, Anda seolah sedang berdiri di atas awan. Di kawasan tersebut, kita juga bisa melihat indahnya Gunung Bromo, lautan pasir dan Gunung Semeru, serta pemukiman warga di Probolinggo dari sudut pandang yang berbeda. Letaknya yang dikelilingi tebing curam membuatnya sangat indah dan sayang jika dilewatkan. Sambil melihat indahnya pemandangan, kita juga bisa menikmati kopi khas Tengger dan gorengan hangat yang dijual warga setempat.

Pemandangan yang dinanti para wisatawan tentunya adalah sunrise atau matahari terbit. Anda bisa menikmati momen ini saat pagi mulai menjelang atau sekitar pukul 03.30 pagi. Saat itu, garis berwarna jingga mulai muncul di ufuk timur. Meskipun tipis, warna terangnya menyita perhatian semua mata. Sinarnya memunculkan berbagai gradasi warna di langit yang sebelumnya gelap. Sekitar pukul 05.30 WIB, fajar yang segaris semakin melebar diikuti matahari yang muncul dari balik cakrawala. Seolah menyingkap tirai yang menutupi Gunung Bromo, Gunung Batok dan puncak Semeru.

Untuk menuju Lokasi Bukit Kingkong, para pengunjung bisa melewati beberapa jalur. Antara lain jalur dari Wonokitri Kabupaten Pasuruan, jalur Cemoro lawang, Kecamatan Ngadisari, Kabupaten Probolinggo, dan jalur dari Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Wisatawan bisa menyesuaikan jalur dari lokasi pemberangkatan mereka dari Pasuruan, Probolinggo, atau Malang. Jika telah berada di pintu masuk ketiga jalur tadi, Anda tidak akan kesulitan menemukan mobil Sewa jeep. Dari sini, kita bisa menyewa ojek ataupun jeep dengan tarif berbeda. Jika dari Desa Cemoro Lawang, tarifnya Rp 850.000 per mobil untuk 6 penumpang. Bila ingin naik ojek, tarifnya berkisar antara Rp 100.000-200.000 dari Cemoro lawang ke Penanjakan. Pengunjung hanya perlu berjalan kaki sekitar 200 meter dari tepi jalan tempat mobil menurunkan penumpang.

Selain Bukit Kingkong Anda yang menuju atau berkunjung ke obyek Wisata Bromo Jawa Timur ini juga bisa menikmati sajian Kawah Bromo ynag masih aktif serta padang savana yang berada di selatan gunung bromo dan pasir berbisik yang berada di timur Wisata Gunung Bromo, anda yang menggunakan Paket Tour Wisata atau liburan bnermalam atau tidak sempatkanlah untuk menuju ke wisata yang satu ini, (Lihat Tautan Berikut Paket Wisata bromo 2 Hari 1 Malam atau paket Wisata Bromo Midnight dan Paket Wisata Bromo honeymoon)

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.


Interesting Package Options:

0 komentar:

Posting Komentar