Minggu, 03 Mei 2015


JAWA Timur punya banyak memiliki pantai-pantai yang eksotis. Salah satu di antara pantai yang eksotis ini adalah Pantai Papuma di Jember, Pantai Prigi di Trenggalek, pantai Balekambang di Kabupaten Malang ,dan Pantai Pasir Putih di Situbondo, Buat wisatawan yang pertama kali datang, pasti akan terkesima dengan kemolekan Pantai di Jawa Timur. mari kita ulas sedikit tentang pantai wisata yang menarik untuk di kunjungi yang berada di jawa timur.

1. Pantai Papuma


Pantai Tanjung Papuma terletak di Kecamatan Wuluhan, 45 kilometer arah selatan Kota Jember. Dari kota Jember, perjalanan membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Namun, saat memasuki kawasan pantai ini harus ekstra hati-hati karena masih rusak dan waspada jika hujan, pasalnya jalanan tanah dan licin. Pantai Papuma dikenal juga sebagai Pantai Tanjung Papuma, ya karena letaknya yang menjorok laut dan disebut sebagai tanjung. Seperti kita tahu tanjung adalah daratan kecil yang menjorok ke laut, sedangkan Papuma berasal dari akronim "pasir putih malikan". Malikan adalah nama yang diberikan oleh Perhutani setelah mulai membuka lokasi wisata ini.

Walaupun akses jalan menuju Pantai Papuma ini masih rusak, tetapi jangan khawatir mencari makan di sini. Karena saat ini di kawasan Pantai Papuma banyak terdapat warung makan. bagi anda yang suka makanan seafood disinilah tempatnya, dengan beberapa menu seafood yang ditawarkan. Harganya pun juga tidak terlalu mahal. Ada baiknya sebelum memesan hidangan, kita menanyakan terlebih dahulu harganya karena kalau tidak cocok kita bisa memilih warung makan lain.  Jember mulai banyak dikenal orang karena Jember Fashion Karnivalnya. Tetapi tidak banyak yang mengetahui kalau Jember punya daya tarik lain seperti Pantai Papuma ini.

Jember berawal dari kota kecil yang menjadi kampung halaman para pegawai perkebunan tembakau dan kopi di daerah sekitarnya. Jember kini telah berevolusi menjadi kota kabupaten yang rapi dan lengkap. Jalan di dalam kota Jember sangat nyaman untuk dilalui becak dan mobil. Kualitas jalan yang baik terbukti dari jenis becak yang pendek dan rapi seperti halnya di kota berbasis cagar budaya, sehingga pengayuh tak mesti bersusah payah melaju di jalan raya. Taman kota dirapikan dan trotoar jalan dibersihkan. Akses ke dan dari Surabaya serta kota besar lainnya dibuka lebar.
Sebagai salah satu kota kabupaten yang menjadi gerbang masuk ke berbagai tujuan wisata alam di Jawa Timur, memang Jember terlihat serius menyiapkan pariwisata daerahnya. Terbukti Pantai Papuma ini 5 tahun silam kawasan ini tidak terawat dan akses sangat susah. Namun siapa sangka saat ini masalah infrastruktur mulai dibenahi meskipun akses jalan ke Papuma harus banyak diperbaiki.


Meski demikian, rasa puas akan terbayar ketika kita sampai ke Pantai Papuma ini. Banyak batu besar dan landscape yang menawan. Ombak di sini termasuk besar dan agak berbahaya jika dipakai untuk snorkeling. Tipikal pantai-pantai selatan Jawa yang menghadap langsung Samudera Hindia ombaknya begitu besar. Tetapi yang perlu dcatat, pantai-pantai di sini sangat memanjakan mata. Sebelum memasuki kawasan pantai kita akan melewati wisata hutan yang sebagian besar ditanami pohon jati. Selanjutnya setelah masuk gerbang area wisata kita akan melihat hutan yang dipenuhi pohon-pohon yang masih alami seperti palem, serut dan beragam pohon kecil lainnya. Konon hutan ini masih menyimpan berbagi macam flora dan fauna tropis, seperti berbagai jenis burung dan juga lutung yang bergelantungan di pohon.

Setelah melewati hutan malikan kita akan disuguhi hamparan pasir putih yang bersih. Di sepanjang pasir putih sebelah barat terdapat perahu-perahu nelayan yang sedang bersandar. Apabila ingin melihat nelayan turun dari kapal datanglah antara jam 11.00 sampai 13.00 dan kita bisa membeli langsung ikan hasil tangkapan nelayan untuk dibakar di pinggir pantai. Lebih praktis lagi paling enak bakar ikan. dan anda yang berwisata di pantai tanjung papuma jember tidak perlu susah untuk bawa arang dan sejenisnya untuk bakar ikan tersebut, Caranya, kita bawa saja ikan tersebut  ke warung-warung makan yang banyak terdapat di sini untuk dibakar. sangat menarik bukan!!

Yang membuat cantik pemandangan pantai di sini karena banyaknya karang-karang, di mana jika sedang surut kita bisa melihat jelas karang-karang ini. Ada tujuh karang besar di Papuma. Deretan pulau karang ini memiliki nama sendiri-sendiri yang diambil dari tokoh pewayangan seperti, Pulau Batara Guru, Pulau Kresna, Pulau Narada, Pulau Nusa Barong, dan Pulau Kajang.
Serunya kita bisa memotret banyak angle yang bagus di kawasan pantai ini. Untuk bisa memotret bagus kita bisa menyusuri tepi pantai yang banyak terdapat karang-karangnya. Selain itu kita bisa menaiki salah satu dari sekian banyak bukit karang di Pantai Papuma sehingga kita bisa melihat bebas di kanan dan kiri pantai ini. Sungguh Pantai Papuma merupakan surganya fotografer yang ingin mengabadikan pantai.

Penginapan

Jika wisatawan ingin bermalam di Tanjung Papuma terdapat beberapa vila yang disewakan oleh pengelola wisata dari pihak Perhutani. Harga penginapan bervariasi tergantung fasilitas yang tersedia, seperti kamar ber AC, single bed, kamar mandi dalam, TV dan beranda kecil. Tarif berkisar Rp 300.000 - Rp 400.000.

Di Kota Jember, lokasi penginapan di seputaran alun-alun kota karena ini tempatnya strategis untuk bersantai sambil berkuliner. Tarif penginapan bervariasi mulai Rp 70.000 hingga Rp 100.000 per kamar non AC dengan fasilitas kamar mandi dalam, TV dan single bed. sangat Murah bukan. Tarif kamar sebesar Rp 120.000 ke atas sudah termasuk fasilitas AC, kamar mandi dalam, TV dan sarapan pagi. Beberapa penginapan itu seperti Hotel Merdeka yang ada di dekat alun-alun Kota Jember.
Itulah sedikit gambaran tentang Pantai Tanjung Papuma Jawa Timur pada kesempatan kali ini. Semoga salah satunya bisa menajdi tujuan wisata pantai favorit kamu.

2. Pantai Pasir Putih



Pantai Pasir Putih merupakan salah satu tujuan Objek Wisata Alam Indonesia andalan bagi Provinsi Jawa Timur. Hal ini karena letak kawasan Pantai Pasir Putih yang strategis, yaitu di pinggiran jalan utama Surabaya-Banyuwangi. Jika Anda dalam perjalanan menuju ke Bali dari Surabaya atau menuju Gunung Bromo dari Banyuwangi, Anda dapat mampir untuk beristirahat dan menyaksikan keindahan panorama Pantai Pasir Putih ini Berbagai macam olahraga laut, seperti berenang, menyelam, maupun berselancar dapat dilakukan di Objek Wisata Pantai Pasir Putih ini. Jika enggan berenang, pengunjung dapat menaiki perahu untuk berlayar dan menikmati pemandangan bawah laut. Beragam hiburan seperti konser musik dan bermacam lomba, seperti lomba selancar, memancing, dan lomba perahu nelayan tradisional sering diadakan untuk memuaskan para wisatawan. Selain itu pada bulan Oktober para nelayan biasanya mengadakan upacara Petik Laut, yaitu melarung makanan, jajanan, dan kepala lembu ke tengah laut sebagai upaya memohon berkah hasil laut dari Tuhan. Pada upacara ini tak jarang diadakan pementasan musik Gendrung, yaitu musik tradisional yang populer di daerah Banyuwangi dan sekitarnya. Pantai Pasir Putih ini terletak di Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Jalur menuju Pantai Pasir Putih Situbondo terbilang mudah karena posisinya di pinggir jalan utama. Jaraknya dari Surabaya atau sekitar 4 jam perjalanan menggunakan bus dari Terminal Bungurasih Dari arah Situbondo, Pantai Pasir Putih berjarak 21 km atau 30 menit dari Situbondo. Perjalanan dilanjutkan menuju Pantai Pasir Putih dengan angkutan umum. Jika belum dinaikkan oleh pihak pengelola, tiket masuk Objek Wisata Pantai ini adalah Rp 5.000,-. Di sekitar lokasi Pantai Pasir Putih Situbondo Jawa Timur ini terdapat banyak penyewaan ban pelampung untuk bermain-main di tengah laut. Anda juga dapat menyewa perahu yang dilengkapi kota-kaca untuk menyaksikan pemandangan bawah laut. Pengelola wisata juga menyediakan fasilitas kamar mandi, mushala, dan beberapa tempat untuk beristirahat. Tersedia pula kios-kios yang menjual suvenir seperti replika perahu serta hiasan dan aksesori dari kerang. Bagi yang ingin menginap, di sekitar lokasi Pantai Pasir Putih terdapat penginapan berupa hotel, motel, dan losmen. Tetapi kalau ingin berkemah, ada juga area khusus berkemah. Itulah sedikit gambaran tentang Pantai Pasir Putih Situbondo Jawa Timur pada kesempatan kali ini. Semoga salah satunya bisa menajdi tujuan wisata pantai favorit kamu.


3. Pantai Balekambang


Pantai Balekambang, adalah salah satu pantai yang yang sangat menarik dan bagus nan eksotik yang bisa di kunjuni di Malang. Pantai ini terletak di kecamatan Bantur, 65 Km sebelah selatan kota Malang. Pantai Balekambang terbentang dengan sangat indah dimana terdapat karang laut sepanjang 2 km dan memiliki lebar 200 meter ke arah laut. Pesona keindahan pantai-pantai di pesisir Kabupaten Malang memang tiada duanya. Masing-masing pantai disini menyimpan keindahan yang berbeda antara pantai yang satu dengan pantai yang lainnya.

Terdapat 3 pulau yang terdekat dengan dengan pantai ini, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Tepat di atas pulau Ismoyo, terdapat sebuah Pura megah yang bernama Pura Luhur Amertha Jati, dan sebuah jembatan yang menghubungkannya melalui pantai utama Balekambang.
Pada bulan Suro, pantai Balekambang akan lebih ramai dari biasanya karena akan digelar upacara Surohan dan upacara Jalanidha Puja.

Untuk mencapai pantai Balekambang, bisa melalui kecamatan Gondanglegi dan kecamatan Bantur, dilanjutkan ke desa Srigono atau melalui kecamatan Kepanjen, yang semua bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi, baik motor ataupun mobil.

Itulah sedikit gambaran tentang Pantai Balekambang Jawa Timur pada kesempatan kali ini. Semoga salah satunya bisa menajdi tujuan wisata pantai favorit kamu.

4. Pantai Prigi


Pantai Prigi Trenggaek, Jawa Timur tepatnya terletak di desa Tasikmadu, kecamatan Watulimo, atau sekitar 48 Km arah selatan Kota Trenggalek. Selain menjadi obyek wisata yang sering dikunjungi, pantai Prigi juga merupakan pelabuhan nasional, dimana tempat penangkapan ikan terbesar di pantai selatan pulau Jawa.

Lokasinya berjarak sekitar 48 kilometer di selatan dari jantung kota Trenggalek. Sekitar 4 kilometer di sepanjang pantai ini terlihat nyiur melambai. Di seberang teluk, terdapat sebuah bukit yang menghalang laju ombak.

Pantai berpasir putih kecoklatan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada hari libur atau akhir pekan. Terdapat beberapa fasilitas di pantai ini seperti penginapan, rumah makan, warung, cafe, bumi perkemahan, sarana olahraga, playground.

Selain berenang dan bermain air dan pasir di pantai, pengunjung bisa mengarungi ombak pantai dengan menggunakan perahu yang bisa disewa dengan harga sekitar 100 ribu ruiah per perahu, atau kalau dihitung per kepala 10 ribu/orang.

Rata-rata pantai yang terletak di selatan pulau Jawa memiliki ombak yang cukup tinggi, namun tidak demikian dengan pantai Prigi ini, ombak yang datang dari laut dihadang oleh beberapa pegunungan yang berada di kanan kiri pantai sehingga ombaknya relatif kecil. 

Itulah sedikit gambaran tentang Pantai Prigi Jawa Timur pada kesempatan kali ini. Semoga salah satunya bisa menajdi tujuan wisata pantai favorit kamu. dan kami juga menyiapkan pekt Wisata dan Kombinasi Paket Wisata  silahkan Kunjungi (Paket Wisata Bromo Murah dan Paket Bromo Midnight serta Sewa Jeep Di Bromo)

Demikian sebagian artikel tentang wisata pantai jatim yang bisa menjadi referensi anda untuk mengunjungi wisata pantai jatim bersama keluarga anda. jika anda penasaran dengan beberapa wisata pantai jatim bisa hubungi team dari Wisata Bromo Tour siap menemani wisata anda

Wisata Pantai Jatim


Paket Menarik lainnya:


0 komentar:

Posting Komentar